on Selasa, 18 Februari 2020
JAMBU AIR DALHARI 


Jambu Air yang satu ini sudah tidak diragukan lagi rasanya. Jambu Air yang berasal dari Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini dapat tumbuh dan berproduksi baik mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Jambu Air yang dinamai “Jambu Air Dalhari” konon penamaannya sendiri mengacu ke pemilik pohon Jambu, yaitu bapak Dalhari. Jambu ini memiliki warna yang menarik merah tua kehitaman dan yang paling utama ialah rasa manis, berdaging tebal dan renyah, maka tidak heran kalo jambu ini sudah masuk fruit market/supermarket dan berjajar dengan jambu-jambu import yang dijajakan di rak-rak supermarket.


Dari tahun 2004, Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman melapas Jambu Dalhari sebagai Varietas Unggul dengan nama latin (syzygium samarangense). Jambu ini mudah berbuah baik ditanam di tanah langsung maupun dipolybag/planterbag, butuh waktu kisaran 1-1,5 tahun belajar berbunga semenjak tanam dari bibit hasil okulasi. 

Keunggulan Jambu Dalhari antara lain: 
 
+ Rasanya Manis

+ Daging buah tebal

+ Besar dan Renyah

+ Kulit buah merah kehitam-hitaman

+ Toleran terhadap berbagai kondisi tanah 


Bibit Jambu Air Dalhari

Bibit Jambu Air Dalhari

Jambu Dalhari Siap Petik
on Sabtu, 15 Februari 2020
NANGKA MINI OREN


Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae, nama ilmiahnya adalah Artocarpus. Masyarakat kita biasa memakan buah nangka dalam keadaan segar, ada juga yang dicampur dengan es campur atau di jus, atau diolah menjadi cemilan dan keripik nangka. 

Nangka termasuk pohon yang tidak mengenal musim, ia mampu berbuah sepanjang tahun. Biasanya nangka yang kita temui disekitar kita ukuran pohon dan buahnya besar, sekarang sudah ada varietas unggul yaitu “Nangka Mini Oren”, pohon Nangka Mini oren tidak terlalu tinggi jadi tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menanamnya, buahnyapun lebat, oleh karenanya nangka mini isi sangat cocok ditanam bagi yang tinggal diperumahan, bisa ditanam di halaman rumah, samping atau ditanam dalam pot, karena nangka mini oren ini juga bisa berbuah di pot.


Keunikan dari Nangka Mini Oren ini antara lain:

+ Rasanya yang manis

+ Daging Buah berwarna oren

+ Berbuah lebat, bobot perbuah 3-12 Kg

+ Karena daging buah padat sehingga ketewel/daminya sedikit

+ Getahnya tidak terlalu lengket jika dibandingkan dengan nangka biasa

+ Pohon mulai belajar berbuah pada umur 1-2 tahun pasca tanam dari bibit hasil okulasi 

Bibit Nangka Mini Oren

Bibit Nangka Mini Oren
Nangka Mini Oren berbuah dalam Polybag
Nangka Mini Oren umur 2,5 Tahun

Daging Nangka Mini Oren Padet, Dami/Ketewel sedikit

Buah Nangka Mini Oren Siap Santap

MANGGA KHIEOSAWOI



Mangga Khiosawoi merupakan salah satu jenis mangga Manenda (enak dimakan masih muda), mangga ini berasal dari Thailand. Dalam bahasa Thailand sendiri arti dari Keow yaitu hijau dan Savoey berarti makan, sehingga bisa diartikan mangga hijau yang dapat dimakan masih mentah. Mangga ini walaupun sudah matang, kulitnya masih tetap berwarna hijau. Rasa manisnya kuat, berdaging renyah, kulit kuning pucat denga biji tipis. 


Mangga ini dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah dengan ketinggian antara 0-300 mdpl. Daerah dengan curah hujan antara 750-2.250 mm per tahun dan temperatur 24-27° C merupakan tempat tumbuh yang baik untuk tanaman ini. Jenis tanah yang ideal yaitu tanah yang gembur dan berdrainase baik.



 


MANGGA CENGKIR


Mangga Cengkir adalah Mangga Ciri khas Kabupaten Indramayu, di daerahnya mangga ini disebut “Pelem Cengkir” dengan estimasi bobot buah 350-450 gram, memiliki serat buah yang khas dengan rasa yang manis dan kering. Saat masih mengkal mangga ini enak juga dibikin rujakan.


Tetapi Mangga cengkir sebenarnya paling enak dinikmati saat matang di pohon, saat kulitnya sudah berkapur dan warnanya agak kekuning-kuningan. Karakter mangga ini lama matang setelah petik. Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah dengan ketinggian antara 0-300 mdpl. Daerah dengan curah hujan antara 750-2.250 mm per tahun dan temperatur 24-27° C merupakan tempat tumbuh yang baik untuk tanaman ini. Jenis tanah yang ideal yaitu tanah yang gembur dan berdrainase baik.
MANGGA R2E2


Mangga R2E2 (Row 2 Experiment 2) merupakan mangga Introduksi dari Australia, mangga ini banyak ditemui di supermarket-supermarket atau fruit market besar, Bentuk buahnya yang menyerupai mangga gedong gincu tapi berukuran jumbo terlihat elok berjejer di etalase supermarket. Dengan ukuran buah berkisar 400-800 gram, menjadikan mangga ini termasuk mangga jumbo. Mangga ini juga termasuk mangga yang memerlukan waktu agak lama dari semenjak petik sampe siap untuk dikupas, pastinya itu menjadi nilai plus untuk mangga-mangga komersial.


Karakter mangga ini salah satunya bisa dikenali dari bentuk daunnya yang berlekuk kaku/twister, ini yang sangat membedakan dengan daun mangga lainnya. Dari keunggulan-keunggulan yang dimiliki mangga R2E2, oleh karenanya mangga jenis ini layak untuk dikomersilkan.


 


MANGGA GEDONG GINCU




Mangga Gedong Gincu salah satu varian mangga Indonesia yang sudah familier di pasaran mancanegara, dikarenakan kulitnya yang colourfull kuning kemerah-merahan/bergincu juga rasanya yang manis agak sedikit segar, karakter rasa tersebut sangat disukai oleh masyarakat mancanegara. Bentuk buah bulat, daging buah cukup tebal, berwarna kuning kemerahan dan berserat halus dengan rasa manis dan beraroma harum. Berat rata-rata kisaran 200-250 gr/buah. 


Sentra mangga jenis ini yaitu di Kabupaten Indramayu, Cirebon dan Majalengka. Agar tajuk tanaman bagus baiknya dilakukan pemangkasan dengan rumus 1-3-9, masing-masing cabang dipelihara maksimal 3 cabang. Diharapkan pula dengan system ini produksi mangga Gedong Gincu bisa meningkat. Mangga Gedong Gincu mulai belajar berbuah kisaran 3-4 tahun dari bibit hasil perbanyakan vegetative. 

 


MANGGA OKYONG (NAMDOCMAI)



Mangga Okyong/Namdocmai/Golek Madu adalah mangga yang berasal dari Thailand, dengan tekstur buah yang empuk, hampir tanpa serat dan bijinya sangat tipis, itulah yang menjadikan mangga ini termasuk kategori “Mangga Enak”, dengan catatan matang dipohon, bukan diperam. Mangga Okyong memiliki percabangan yang bagus dan rimbun. Bentuk buah lonjong sedikit berparuh dibagian ujungnya. Rasanya manis dan aromanya harum. Ukuran buah berkisar antara 200-250 gr/buah.


Mangga ini mulai belajar berbuah kisaran 2 tahun semenjak tanam dari perbanyakan vegetative, dengan perawatan yang baik mangga ini bisa berbuah maksimal, dan jika sudah berumur biasanya mangga okyong semakin berkurang buahnya karena dahan dan daunnya yang rimbun, oleh karenanya disarankan untuk dilakukan pemangkasan agar pohon mangga bisa berbuah maksimal kembali.
MANGGA MANALAGI SITUBONDO 


Mangga Manalagi Situbondo merupakan salah satu mangga yang masuk kategori “Mangga Enak”. Rasa buahnya yang manis lezat menjadikan orang yang memakannya ingin nambah dan lagi. Mangga ini berasal dari daerah Situbondo Jawa Timur. Bobot perbuah dikisaran 400-800 gram dengan bentuk buah yang tidak teratur, bulat panjang, sedikit berparuh. Daging buah berwarna kuning tua, mengenai rasa jangan diragukan lagi pastinya manis, Mangga ini tetap berwarna hijau walaupun kondisi sudah matang.    


Manalagi Situbondo berkarakter batang yang lunglai hampir menyerupai arumanis, para pembuat bibit sekarang sudah jarang yang memperbanyak mangga ini oleh karenanya peredaran mangga ini sudah jarang ditemui. Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah dengan ketinggian antara 0-300 mdpl. Daerah dengan curah hujan antara 750-2.250 mm per tahun dan temperatur 24-27° C merupakan tempat tumbuh yang baik untuk tanaman manga ini. Jenis tanah yang ideal yaitu tanah yang gembur dan berdrainase baik.
MANGGA 
MANALAGI PROBOLINGGO/
LALI JIWO




Mangga Lali Jiwo/Manalagi Probolinggo merupakan mangga yang bisa dinikmati saat masih muda. Rasa buahnya yang didominasi manis menyebabkan orang yang memakannya dapat lupa pada dirinya sendiri, konon demikianlah latar belakang penamaan manga lali jiwo ini. Buahnya berbentuk bulat panjang, sedikit berparuh dan berlekuk, warna kulit buah hijau tua dengan bintik berwarna putih kehijauan dan berlapis lilin. Dengan Rasanya dominan manis, walaupun petik masih muda.  Bobot perbuah antara 200-250 Gram. 


Mangga ini termasuk jenis Mangga yang mudah sekali berbuah, tumbuh baik di dataran rendah. Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah dengan ketinggian antara 0-300 mdpl. Daerah dengan curah hujan antara 750-2.250 mm per tahun dan temperatur 24-27° C merupakan tempat tumbuh yang baik untuk tanaman manga Lali Jiwo. Jenis tanah yang ideal yaitu tanah yang gembur dan berdrainase baik.
SIRSAK 


Sirsak adalah pohon buah yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri, tanaman ini mempunyai banyak nama,  salah satunya Nangka Belanda. Penyebutan “ belanda “ mengindikasikan bahwa sirsak dari bahasa belanda : Zuurzak, berarti “kantung asam” didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda pada abad ke 19 ke Nusantara.

Buah sirsak berdaging buah lunak dan lembek, warnanya putih, berserat, kulitnya berduri, tangkai buah menguning, aromanya harum, dan rasanya manis agak asam, tetapi sekarang sudah beredar sirsak yang rasa buahnya dominan manis dengan biji yang sedikit. Bobot buah sirsak kisaran 400-900 gr, warna kulit agak terang, hijau agak kekuningan serta mengkilap. 

Tumbuhan ini dapat tumbuh disembarang tempat. Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya, bahkan sekarang banyak juga pekebun yang menanam buah sirsak untuk diambil daunnya seiring dengan tingginya manfaat daun sirsak untuk pengobatan.


Jenis sirsak yang kami miliki :

>Sirsak Ratu
>Sirsak Madu