on Jumat, 14 Februari 2020
ALPUKAT


Alpukat berasal dari Persia. Oleh sebab itulah nama botani alpukat Persea American atau Persea gratissima Gaertn, yang termasuk ke dalam famili Lauraceae. Diduga ada ratusan jenis alpukat varitas budidaya (kultivar). Varietas unggul dan enak buah ini memiliki ciri-ciri berdaging buah tebal, lembut, empuk, gurih, tidak berserat dan tidak pahit. 

Alpukat termasuk buah yang istimewa karena kandungan lemaknya 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Kandungan lemak ini dapat memberikan energi yang cukup tinggi ketika dikonsumsi. Jenis lemak yang dikandung buah ini termasuk lemak tak jenuh, sehingga mudah dicerna dan berguna bagi tubuh. 

Alpukat banyak mengandung mineral yang kesemuannya berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalamnya membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia. Alpukat juga merupakan sumber Vitamin E dan beberapa Vitamin B. Kandungan serat buah ini secara simultan juga dapat membantu proses pencernaan. Ia juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh. Sekarang-sekarang ini sudah banyak beredar jenis alpukat unggul yang bisa dibilang banyak memiliki kelebihannya antara lain jenis Hass, miki, Pluwang, Kendil, Aligator, R1/Rifai, Wina, HK 01 dll

0 komentar:

Posting Komentar