on Jumat, 14 Februari 2020
DURIAN


Durian adalah nama tumbuhan tropik yang berasal dari Asia Tenggara. Ia memiliki ciri khas kulit buahnya yang keras, berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Varian namanya yang juga populer adalah duren. Tanaman durian berasal dari hutan Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan yang berupa tanaman liar. Penyebarannya ke arah Barat adalah ke Thailand, Birma, India dan Pakistan. Buahnya sudah dikenal di Asia Tenggara sejak abad 7 M.


Warna buah durian berbeda-beda dari hijau kekuning-kuningan, dan mempunyai bentuk dari bujur hingga bundar. Kulit buahnya bersabut dan permukaannya dipenuhi duri. Buah mengeluarkan bau yang kuat dan khas. Bagian buah yang dapat dimakan adalah salut biji yang berwarna kekuningan, yang melindungi bijinya. 


Manfaat Durian :

>Pada umumnya durian dimakan langsung buahnya, karena durian mengandung banyak karbohidrat, lemak, protein, dan mineral. 

>Secara tradisional, daging buah biasa diawetkan dengan memasaknya bersama gula menjadi dodol (lempok), atau memfermentasikannya menjadi tempoyak. Tempoyak biasanya menjadi bahan masakan seperti sambal tempoyak, atau untuk campuran memasak ikan. 

>Durian pun kerap diolah menjadi campuran bahan kue-kue tradisional, seperti gelamai atau jenang. Terkadang dicampurkan dalam hidangan nasi pulut (ketan) bersama dengan santan. 

>Seiring dengan perkembangannya, buah ini biasa dicampurkan dalam permen, es krim, susu, dan berbagai jenis minuman penyegar lainnya. Durian juga banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium dan fosfor.

 

0 komentar:

Posting Komentar