on Jumat, 14 Februari 2020
KELENGKENG




Buah Kelengkeng berbentuk bulat dengan ukuran kurang lebih sebesar kelereng  yang bergerombol pada malainya. Kulit buahnya berwarna cokelat muda sampai kehitaman dengan permukaan agak berbintil-bintil. Daging buahnya berwarna putih bening dan berair. Rasanya sangat manis dengan aroma harum yang khas.

Kelengkeng lebih cocok ditanam di dataran rendah antara 0-400 m dpl. Air tanah antara 50-200 cm. Curah hujan 1.500-3.000 mm per tahun dengan 9-12 bulan basah dan 2-4 bulan kering. Sementara lengkeng dataran tinggi hanya berbuah di dataran tinggi antara 900-l.000 m dpl.

Perbanyakan tanaman kelengkeng dapat dilakukan dengan sambung susu, okulasi atau dengan tempel. Perbanyakan dengan biji tidak dianjurkan karena umur berbuahnya cukup lama, selain itu bibit dari biji sering tumbuh menjadi lengkeng jantan yang tidak mampu berbuah. Bibit sambung pucuk, okulasi, cangkokan mulai berbuah pada umur satu sampai empat tahun, cepat tidaknya berbuah itu ditentukan oleh batang atas/entres dari induk lengkeng yang dipakai, apabila batang atasnya dari induk lengkeng yang sudah berbuah maka besar kemungkinan bibit-bibit baru hasil perbanyakan vegetatif tersebut cepat berbuah. 

Pemupukan pada tanaman kelengkeng penting dilakukan, baik itu pupuk dasaran/starter, pupuk pada fase pertumbuhan, fase pembuahan dan pasca panen, dengan tujuan agar pohon tumbuh optimal dan berbuah secara maksimal sesuai dengan harapan. Selain pemupukan, pemangkasan juga perlu dilakukan, salah satunya adalah pemangkasan cabang yang tidak produktif dan ranting-ranting yang menutupi kanopi. Dengan demikian, sinar matahari dapat masuk merata ke seluruh bagian cabang. Tumbuhan parasit (benalu) harus cepat dibuang. Pohon kelengkeng biasanya berbunga pada bulan Juli-oktober. 

Macam-macam Kelengkeng :

1. Kelengkeng Dataran Rendah, yang bisa ditanam dan berbuah sendiri tanpa perlakuan pembosteran, jenisnya antara lain :

> Kelengkeng Merah (Ruby Longan)

> Kelengkeng Hawae

> Kelengkeng Aroma Durian

> Kelengkeng Puangrai

> Kelengkeng Kristalin

> Kelengkeng Satu Jari (Daun Runcing, Daun Bulat)

> Kelengkeng Diamond (Diamond River, Jendral dll)

>Kelengkeng Pingpong (Pingpong Vietnam, Pingpong Thailand, dll)

2. Kelengkeng Dataran Tinggi, yang bisa dibuahkan dengan cara perlakuan pembosteran/perangsangan buah dengan obat perangsang buah untuk kelengkeng yang mengandung unsur potassium klorat, jenisnya antara lain:

> Kelengkeng New Kristal/Kristal 2/Kateki

> Kelengkeng Puangphet

> Kelengkeng Itoh

> Kelengkeng Kinglong dll
 

0 komentar:

Posting Komentar