on Jumat, 14 Februari 2020
MANGGA CHOKANAN


Mangga Chokanan merupakan mangga introdusi Negeri gajah putih (Thailand). Chokanan memiliki rasa khas yang tidak dimiliki oleh mangga-mangga lainnya, dan jika kita petik disaat matang pohon maka aroma wanginya kuat sekali. Di negara asalnya, masyarakat thailand biasa makan mangga chokanan dengan ketan.

Budidaya mangga ini sangat mudah, cocok bagi pemula yang ingin bertanam mangga. Chokanan merupakan mangga yang rajin berbuah, walaupun di tabulampot, tapi akan lebih prospektif lagi jika mangga ini ditanam di lahan terbuka, disamping buahnya yang bisa dibilang tak kenal musim, percabangannya pun indah untuk dilihat. Chokanan akan mulai belajar berbuah kurang dari satu tahun semenjak bibit ditanam, apalagi jika entresnya memang benar-benar tua, pasti cepat sekali berbunga.

Buah Chokanan apabila sudah matang akan berwarna kuning cerah, sangat elok untuk dilihat, disamping aromanya yang wangi. Untuk menghasilkan buah yang berkualitas baiknya saat berbuah mangga ini dibungkus dengan kertas buah, selain itu untuk melindungi buah dari guyuran hujan yang bisa menyebabkan karat pada kulit buah dan melindungi dari lalat buah penyebab busuk buah. Pemupukan juga mesti rutin dilakukan agar buah yang dihasilkan semakin baik dan berkualitas.

0 komentar:

Posting Komentar