on Sabtu, 14 Maret 2020
KETAPANG KENCANA


Pohon yang konon berasal dari Madagaskar ini popular disebut Ketapang Kencana. Tajuknya yang berundag-undag mirip pagoda dengan daunnya yang mini menjadikan pohon ini unik dan banyak diburu orang untuk ditanam sebagai pohon peneduh. 

Ketapang Kencana (terminalia mantaly) termasuk pohon yang cepat pertumbuhannya. Cocok ditanam didataran rendah-tinggi. Pohon ini mudah adaptif dengan segala jenis tanah. Karena karakter yang dimiliki itulah banyak yang menjadikannya sebagai pohon peneduh jalan, perumahan, di taman atau sebagai pohon peneduh halaman perkantoran/instansi pemerintahan. 

Bibit Ketapang Kencana                                                         

Ketapang Kencana siap tanam



GLODOGAN TIANG


Pohon Glodokan Tiang yang mempunyai nama latin Polyalthea longifolia pendula adalah jenis tanaman yang banyak ditanam di pinggir jalan atau sebagai pembatas area atau border. Pohon ini tingginya bisa sampai 20 m dengan batang lurus. Terdapat 2 jenis pohon glodogan, yang pertama yaitu glodogan tiang dikarenakan batangnya yang tinggi dan lurus, jenis satunya lagi yaitu glodogan pohon biasa, dengan tajuk dan rupa batang yang melebar seperti pohon peneduh pada umumya.


Pohon glodogan tiang banyak ditanam orang sebagai tanaman peneduh atau tanaman pelindung sebagai pagar pembatas dengan jarak penanaman yang rapat. Pohon ini juga banyak ditemui di jalanan perkotaan (jalanan kota cirebon) sebagai pohon pembatas antara jalan raya dan pedestrian.
 

Bibit Glodogan Tiang

KIARA PAYUNG


Kiara Payung (Filicium decipiens) sering disebut dengan Japanese Fern Tree berasal dari India, Sri Lanka dengan tajuk yang teratur menyerupai payung dengan daun meruncing yang saling bertumpu satu sama lain sehingga menjadikan pohon ini rimbun dan teduh. 


Pohon ini banyak kita temui di jalanan utama komplek, perumahan, kampus dan taman rekreasi, tertata rapi di kanan kiri jalan, karena tajuknya yang rindang dan struktur daun yang tersusun rapi sehingga menjadikan jalanan semakin rindang dan asri. Selain itu, biasanya pohon ini juga sering kita temui di taman-taman kota, dikarenakan tajuknya yang rindang dan struktur daun yang saling mengapit sehingga membuat suasana dibawah pohon menjadi sejuk. Saat besar pohon ini mirip sekali bentuknya seperti payung, oleh karenanya orang-orang menyebutnya kiara payung.

Bibit Kiara Payung


RAMBUTAN 


Rambutan (Nephelium lappaceum) termasuk pohon yang masih satu keluarga dengan kelengkeng, leci dan matoa. Rambutan termasuk tanaman tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Penyebutan “Rambutan” sendiri berawal dari kulit buahnya yang menyerupai rambut. Buah rambutan berbentuk bulat, lonjong dengan warna yg beraneka ragam sesuai jenisnya. Ada yang warnanya hijau, kuning hingga merah saat sudah masak. Rasa buah manis, dengan daging buah berwarna putih bening. Daging buahnya ada yang ngelotok dan ada juga yang menempel di bijinya. 


Rambutan termasuk tanaman yang bisa ditanam dari dataran rendah-dataran tinggi, Kondisi tanah yang sesuai untuk pohon rambutan yaitu tanah gembur yang berhumus. Musim buah rambutan biasanya jatuh di bulan Desember-Maret. Rambutan umumnya dapat belajar berbunga 2-3 tahun pasca tanam secara vegetative (okulasi).

Jenis Rambutan yang kami miliki: 
1. Aceh Lebak Bulus 
2. Binjai 
3. Rapiah

Bibit Rambutan Aceh

JABOTICABA 




Jaboticaba atau Anggur Pohon (Myrciaria cauliflora syn)  ini merupakan pohon anggur yang unik karena buahnya menempel dibatang berbeda dengan pohon anggur pada umumnya yang merambat. Buah jaboticaba rasanya manis, berwarna ungu mendekati hitam ketika sudah tua dengan daging buah lembut berwarna putih dan berbiji. 

Jaboticaba termasuk tanaman yang cocok ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi. Ia sangat menyukai sinar matahari full. Bisa berbuah dalam pot, tetapi untuk hasil yang maksimal baiknya ditanam langsung ditanah. Bagi penghobi tanaman, banyak yang menjadikan pohon ini sebagai tanaman bonsai dikarenakan tajuknya yang rimbun, lambat pertumbuhannya dan unik karena buahnya yang menempel dibatang.  

Bibit Anggur Pohon

on Selasa, 10 Maret 2020
APEL PUTSA 


Putsa atau nama latinnya Ziziphus ziziphus merupakan tanaman sejenis semak yang memiliki banyak nama antara lain Chinese Date, Indian Jujube atau dimasyarakat kita sekarang populer dengan sebutan Apel Putsa atau Apel India. Pohon yang tergolong semak ini memiliki buah yang menyerupai Apel yang berwarna hijau saat masih muda dan kekuning-kuningan menjelang tua. Daging buahnya renyah segar dengan dominan rasa manis, memiliki satu biji sebesar kelereng yang terletak ditengah-tengah buah.


Tanaman Putsa dapat berkembang baik jika terkena intensitas cahaya yang maksimal. Putsa juga termasuk tanaman yang tidak mengenal musim untuk berbuah. Ia dapat berbuah di pot atau langsung ditanam di tanah, dengan catatan kita harus rajin memangkas cabangnya agar tajuk pohon menjadi rapih dan sedap dipandang. Penjarangan buah juga perlu dilakukan saat buah sebesar kelereng dengan tujuan agar kualitas buah yang dihasilkan bisa maksimal. 

Bibit Putsa (Apel India)

Bakal Buah Putsa
SRIKAYA


Srikaya merupakan tanaman buah dari family Annonaceae yang berasal dari Hindia Barat, sampai dengan hari ini srikaya sudah menjadi tanaman yang populer dikalangan masyarakat kita, karena ia dengan mudah tumbuh dengan sendirinya dari biji yang kita sebar dihalaman rumah atau dipekarangan. 


Srikaya termasuk pohon yang kaya manfaat, mulai dari akar, batang, daun dan buahnya dapat berguna sebagai obat. Kandungan senyawa seperti flavonoid, fenolik, kumarin, steroid dan saponin sangat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh. 


Varietas Srikaya yang kami miliki: 
1. Srikaya New Varietas (Jumbo)
2. Srikaya Pineaplle 
3. Srikaya Kuning 
4. Srikaya Merah
SAWO



Sawo (Manilkara kauki L) termasuk jenis tanaman tahunan yang berbuah tanpa mengenal musim. Tanaman sawo berasal dari Guatemala, Meksiko dan Hindia Barat. Di Indonesia sendiri pohon sawo banyak kita jumpai di pedesaan dengan ukuran pohon yang tumbuh menjulang tinggi besar. Seiring dengan kemajuan perbanyakan tanaman secara vegetative, maka kita bisa menikmati sawo hanya dengan menanamnya sebagai tanaman dalam pot atau planterbag, dengan tajuk dan tinggi pohon yang bisa kita atur. 


Sebagian besar masyarakat kita memakan buah sawo dalam keadaan segar setelah, saat aroma harum sudah keluar menandakan sawo sudah matang dan siap dikonsumsi, pastinya dengan rasa buah yang manis segar. 


Manfaat Buah Sawo : 
>Membantu pembentukan sel darah merah, kandungan zat besi yang terdapat pada buah sawo berguna untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Mengonsumsi sawo dianjurkan bagi penderita anemia. 


>Melancarkan pencernaan, kandungan serat dan tanin yang terkandung dalam buah sawo cukup tinggi sehingga membantu memperlancar sistem pencernaan. Asupan serat dari sawo juga dapat membantu meringankan berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, wasir dll


>Mengatasi sariawan, sawo memiliki kandungan vitamin tinggi yang dapat mengatasi radikal bebas dan mencegah sariawan. Konsumsi buah sawo secara rutin untuk menjaga kesehatan mulut dan mencegah sariawan.


>Menjaga kesehatan tulang, Sawo mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi buah dengan kandungan kalsium tinggi dapat mencegah penyakit tulang. 

Varietas Sawo yang kami miliki: 
1. Sawo CM 19 Malaysia 
2. Sawo Mentimun 
3. Sawo Mentega
4. Sawo Kecik
MARKISA MANIS


Markisa Manis termasuk tanaman buah merambat, yaitu dari genus Passiflora. Bentuk buah markisa bulat agak lonjong dengan isi buah berbiji tipis berselaput kuning. Ada beberapa macam markisa yang tumbuh di Indonesia, salah satunya yaitu Markisa Manis (Passiflora liguaris) disebut markisa manis karena rasa buahnya dominan manis sehingga bisa langsung dinikmati dalam keadaan segar dan tidak asam, oleh karenanya jenis markisa ini banyak diperjuabelikan dalam keadaan segar. 

Menanam markisa umumnya menggunakan para-para agar tanaman bisa merambat dan berkembang maksimal. Tinggi para-para bisa kita atur sesuai selera, pemasangan para-para yang tidak terlalu tinggi juga baik untuk memudahkan saat pemanenan. Menikmati buah markisa selain memakannya dalam keadaan segar, bisa juga dicampur dengan es batu ditambah sedikit gula sehingga menjadi minuman segar yang meyehatkan.


Manfaat Buah Markisa :

>Rutin mengonsumsi buah markisa ternyata dapat mencegah hipertensi

>Memakan buah markisa secara teratur membuat mata menjadi sehat

>Bagi penderita asma, mengonsumsi buah markisa dapat meringankan gejala asma

>Bagi yang susah tidur, memakan buah markisa sangat dianjurkan karena dapat mengurangi insomnia

>Manfaat lain dari markisa untuk ibu menyusui (busui), mengonsumsi buah markisa secara teratur ternyata bisa memperlancar ASI

Bunga markisa manis

Model para-para markisa menggunakan pagar besi

Buah markisa manis siap santap