on Jumat, 17 April 2020
PALEM EKOR TUPAI


Palm Ekor Tupai (Wodyetia bifurcata) yaitu salah satu jenis tanaman dari suku Arecaceae, berasal dari Queensland. Karakterisitk palm ini yaitu berbatang lurus yang mampu tumbuh mencapai 9 meter. Berbatang kelabu keras beruas-ruas. Penamaan Ekor Tupai sendiri merujuk kepada bentuk daunnya yang menyerupai ekor tupai. 


Palm ini sering dijumpai sebagai tanaman outdoor, bisa ditanam tunggal maupun digabung dengan menyatukan beberapa pohon menjadi satu, terlihat lebih elegan. Palm ini sangat rekomended ditanam di depan rumah, taman kota, maupun sebagai pembatas jalanan. Kelebihan palm ini mudah beradaptasi dengan kondisi tanah dan perbanyakan palm ekor tupai bisa dilakukan dengan menyemai bijinya. 

BIOLA CANTIK


Biola Cantik (Ficus iyrata) merupakan tanamanyang berasal dari Afrika Barat. Pohon ini biasa dijadikan pohon peneduh yang bisa kita jumpai di taman atau sebagai tanaman pinggir jalan. Karakteristik tanaman ini memiliki batang yang kokoh, daun hijau tua tekstur kasar lebar membulat , tajuk pohon yang rindang dengan pertumbuhan lumayan lambat, oleh karenanya tanaman ini dikategorikan sebagai tanaman peneduh. Tetapi ada juga yang menjadikannya sebagai tanaman indoor dalam pot sebagai point of interest. 


Perbanyakan tanaman ini bisa dengan biji maupun cangkok. Pohon Biola Cantik yang biasa dijadikan tanaman indoor di pot pertumbuhan bisa diatur sesuai selera. Tetapi saat pohon ini ditanam langsung ditanah bisa mencapai tinggi 10-15 m.
FLAMBOYAN 


Flamboyan (Delonix regia) merupakan tanaman asli dari Madagaskar, Afrika. Pohon Flamboyan banyak kita temui disamping jalan sebagai pohon peneduh, pohon ini akan indah dan elok dipandang saat bunganya mekar pada musim panas yang berwarna merah, oren secara bersamaan. Bunganya yang berjatuhan dijalan dan terhempas angin seakan seperti berada di jalanan luar negeri. 


Pohon Flamboyan termasuk pohon peneduh yang dapat tumbuh tinggi mencapai belasan meter. Dimana bentuk tajuknya yang menyerupai payung atau kanopi sehingga banyak yang menjadikan pohon ini sebagai tanaman yang ditanam di samping jalan atau di taman-taman kota. Selain bunganya yang indah, kayu flamboyan dapat dimanfaatkan sebagai papan. 

Bunga Flamboyan berwarna Merah atau Oren Merah











TABEBUIA



Tabebuia (Handroanthus chrysotrichus) atau biasa dikenal juga dengan Pohon Terompet Emas adalah sejenis tanaman dari negara Brasil. Sering kita jumpai tanaman ini berjejer di pedestrian dan taman-taman kota, karena bunganya yang indah menyerupai terompet, akarnya tidak merusak, pohon tatebuia juga tahan terhadap kekeringan, bahkan saat musim kemarau saat pohon berbunga menyeluruh dan daun-daunnya berguguran sehingga hanya menyisakan bunganya saja, oleh karenanya banyak yang menyebut pohon ini sebagai pohon sakuranya Indonesia. 

Dari sekian banyak jenis tanaman Tabebuia di Indonesia, yang paling banyak ditanam yaitu jenis tabebuia yang memiliki bunga berwarna kuning dengan bentuk bunga menyerupai terompet. Selainnya ada yang berwarna pink, ungu, merah tua.  Dikarenakan tanaman tabebuia ini dapat tumbuh di tropis dan sub tropis jadi banyak yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman penghias jalanan maupun di taman-taman kota atau di perumahan, dimana minim perawatan tetapi tanaman ini masih dapat tumbuh dan berbunga baik. 

Bibit Tabebuia Bunga Kuning